Laman

Kamis, 18 Maret 2010

Layanan Pelanggan dalam 10 Langkah Sederhana

Strategi Bisnis | Pelayanan Pelanggan
Ditulis oleh Ibnu Munzir on Senin, 08 Februari 2010

Jika Anda seperti saya, Anda memiliki banyak pengalaman dengan layanan pelanggan yang buruk. Pikirkan terakhir kali Anda mengalamai kejadian buruk dengan produk atau jasa.

Mungkin produk atau jasa tidak sejalan dengan sales. Mungkin perusahaan tidak merespon telepon atau e-mail. Mungkin mereka tidak melakukan apa yang mereka katakan. Atau mereka mencari-cari alasan ketika Anda melaporkan masalah atau ada pertanyaan.

Jika Anda memikirkan semua pengalaman negatif melebur menjadi satu hal, kurangnya layanan pelanggan. Dan kurangnya layanan pelanggan biasanya bermula dari kurangnya fokus pada pelanggan. Banyak bisnis yang kehilangan pandangan siapa yang mereka layani dalam bisnis.

Alih-alih pepatah lama, "pelanggan selalu benar," saat ini banyak pengusaha yang merasa terganggu dengan pelanggannya. Saya akan katakan rahasia saat di awal sebagai agen iklan. Kami dulu punya pepatah, "bisnis ini akan besar, jika ini bukan untuk klien."

Hal yang bodoh bukan?! Kita tidak ada pekerjaan jika tidak utuk klien. Ya, terkadang klien bisa jadi sulit, tapi mereka adalah alasan kita berbisnis. Tugas kita adalah melayani mereka. Jika mereka kesal, seharusnya kita terbuka untuk mencari tahu alasannya, dan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan produk atau jasa.

Ya, terkadang Anda harus menemui seseorang yang tidak tahu apa –apa, dan Anda harus berhubungan dengannya. Tapi seringkali, keluhan klien mengungkap masalah atau sesuatu yang bisa kita tingkatkan.

Jadi selalu dengarkan pelanggan Anda. Berkomitmen untuk memperlakukan pelanggan dengan baik. Setelah itu, memberikan layanan pelangan yang baik adalah salah satu alat marketing terbaik dan termurah yang ada. Jika Anda memperlakukan pelanggan dengan baik, atau lebih baik, diluar harapan mereka, Anda akan dihargai.

Klien yang happy adalah klien yang sama yang akan dengan senang hati mereferensikan pada Anda. Kebalikannya juga benar. Jika Anda klien yang kecewa, atau tidak memberikan apa yang Anda janjikan, atau memperlakukan mereka dengan buruk, mereka akan mengatakan pada setiap orang betapa buruknya Anda. Nyatanya, klien yang kecewa tersebut lebih banyak membicarakan Anda daripada klien yang happy. Sayangnya, seperti itulah biasanya terjadi.

Kabar baiknya adalah, tidak sulit memberikan layanan pelanggan yang baik. Anda hanya perlu menyadari dan membuat prioritas. Berikut adalah 10 tips untuk membantu Anda dalam layanan pelanggan.

1. Mudah diakses.

Pelanggan harus bisa menggandalkan Anda, atau seseorang dalam perusahaan, jika mereka ada pertanyaan atau mereka membutuhkan layanan Anda. Sediakan beberapa cara bagi pelanggan untuk menghubungi Anda, seperti email, telepon, e-mail, atau fax.

2. Merespon tepat waktu.

Buatlah kebijakan untuk menjawab telepon atau e-mail dalam waktu 24 jam. Dan jika Anda tidak bisa berkomitmen dengan hal tersebut, maka tentukan kerangka waktu yang bisa Anda kelola dan biarkan pelanggan tahu mereka bisa mengandalkan Anda untuk menginformasikan pada mereka dalam waktu yang ditentukan.

3. Mendengarkan pelanggan Anda.

Seringkali saat pelanggan menelpon atau menulis keluhan, mereka hanya ingin didengarkan. Nyatanya, terkadang, Anda hanya perlu mendengarkan. Luangkan waktu untuk mendengarkan apa yang dikatakan pelanggan sebelum Anda merespon atau mempertahankan produk atau jasa Anda. Dan mereka akan mengerti.

4. Memperlakukan pelanggan dengan respek.

Meskipun pelanggan yang ada di ujung telepon bertindak tidak rasional, kasar, jangan merendahkan diri Anda pada level mereka dengan melakukan hal yang sama. Perlakukan setiap orang dengan respek dan sebaliknya Anda akan dihormati. Plus, Anda tidak pernah tahu seseorang baru mengalami hari yang buruk, dan Anda terkena imbasnya (kita semua pernah melakukannya).

5. Jangan mendebat pelanggan Anda.

Anda tidak pernah bisa memenangkan argumen dengan pelanggan. Karena, jika Anda menang, Anda seolah mengasingkan pelanggan dan Anda kehilangan bisnis dengan mereka. Kita semua tahu jika pelanggan tidak selalu benar, tapi alih-alih fokus pada apa yang salah dan mempertahankan diri Anda, fokus pada bagaimana Anda bisa memecahkan masalah atau memperbaiki situasi.

6. Hormati komitmen Anda.

Jika Anda katakan Anda akan menjawab e-mail, maka jawablah. Jika Anda menawarkan garansi, maka hormati itu. Tidak ada satu hal yang lebih cepat merusak hubungan dengan pelanggan selain menjanjikan sesuatu dan tidak menepatinya.

Minggu lalu saya mendapatkan e-mail yang baik dari seorang klien yang kemudian menyadarkan saya betapa hal ini. Inilah yang dia tulis:

"Terima kasih banyak atas jawaban Anda yang cepat dan komprehensif. Minat pribadi, perhatian dan antusiasme Anda terlihat jelas. Banyak pemilik usaha yang berjanji merespon dan menjawabnya secara personal, tapi mereka jarang melakukannya..."

Ya, saya memerlukan waktu menjawab e-mailnya. Tapi saya berjanji memberikan email support pada semua klien yang membeli Sistem 10 Langkah Marketing dan karena itu penting untuk menghormati komitmen tersebut. Jika saya sampai pada titik dimana saya tidak lagi bisa merespon karena volume permintaan atau komitmen waktu lainnya, saya akan berhenti menawarkan layanan ini, tidak hanya berhenti merespon.

7. Lakukan apa yang Anda katakan.

Jika Anda bilang akan menghubungi seseorang pada hari Selasa, maka teleponlah pada hari Selasa. Semudah itu. Jika Anda ingin pelanggan percaya dan yakin dengan Anda, Anda harus mengikuti apa yang Anda katakan.

8. Fokus pada hubungan pelanggan, bukan sales.

Keberhasilan bisnis Anda dalam jangka panjang terletak pada kemampuan Anda untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dalam jangka panjang. Jika Anda mengorbankan hubungan untuk menghasilkan penjualan jangka pendek, bisnis Anda akan berumur pendek.

9. Jujur.

Jangan membesar-besarkan hasil yang diperoleh dari produk atau jasa Anda. Jangan menjanjikan hal-hal yang tidak bisa Anda penuhi untuk menghasilkan penjualan. Saya melihat di banyak web saat ini; segala sesuatunya serba cepat. Ini menjengkelkan orang dalam membeli produk, dan kemudian produk tidak dikirim. Apakah pelanggan akan kembali membeli dari tempat tersebut? Tidak demikan. Berlaku jujur dan terbuka dengan apa yang bisa diberikan produk dan jasa Anda.

10. Mengakui jika membuat kesalahan.

Tidak ada seorangpun yang sempurna. Kita pernah melakukan kesalahan; ini bagian dari belajar. Jadi, ketika Anda membuat kesalahan jangan mencoba menutupi atau mengingkarinya. Akui dan jika perlu, lakukan sesuatu untuk memperbaiki situasi. Pelanggan akan menghargainya dan mereka akan menjadi pelanggan setia.

Jadi, bagimana pengukuran layanan pelanggan Anda? Apakah Anda mempraktekkan 10 langkah ini dan menawarkan layanan pelanggan? Jika tidak, saya tantang Anda untuk meningkatkan servis Anda. Lakukan pendekatan seperti Ken Blanchard dan alih-alih lebih dari sekedar puas dengan pelanggan yang happy, ciptakan "Penggemar".

Komitmen untuk menerapkan 10 tips ini dalam praktek. Kenali pelanggan Anda. Jadikan mereka fokus pada bisnis Anda. Ini salah satu kunci dalam kesuksesan marketing dan yang terbaik, tidak mengeluarkan biaya yang besar!

***

Penulis: Debbie LaChusa. Selama 20 tahun terjun di bidang marketing, Debbie LaChusa menciptakan Sistem 10 langkah marketing untuk membantu profesional independen dan pengusaha kecil agar sukses dalam memasarkan bisnisnya, dirinya, tanpa mengeluarkan biaya yang besar untuk marketing.

Sumber: www.10stepmarketing.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com

KIAT PROMOSI BISNIS PAKAIAN



Kiat Promosi Bisnis Pakaian

Usaha penjualan pakaian skala kecil dengan modal terbatas, harus mencari jenis barang yang cepat laku. Terlepas dari melakukan pinjaman tanpa jaminan atau tidak, indikasi cepat laku adalah kalau barang itu sering berganti atau cepat habis. Usaha pakaian memang waktu lakunya lama, dibandingkan dengan jualan makanan. Oleh sebab itu ada dua alternatif hal yang dapat dipilih yaitu memilih produk pakaian yang mahal agar dapat keuntungan besar, atau memilih produk yang murah dengan keuntungan kecil, tetapi pembeli terus menerus membeli.

Mengingat keterbatasan modal, maka pilihan jatuh pada penjualan produk yang murah dengan konsekuensi putaran sediaannya harus cepat. Produk-produk yang cepat ganti dan murah, dapat meliputi daster, celana dalam, bra, dan pakaian anak. Pakaian anak sangat cepat ganti, karena anak tumbuh berkembang, begitu sudah kesempitan perlu diganti dengan baju yang baru. Mungkin bisa juga dengan jilbab anak.

Walaupun sudah memilih toko baju dengan produk yang cepat laku, promosi tetap harus dilakukan tapi pada dasarnya promosi yang canggih tidak diperlukan. Yang penting dalam menjual harus ramah, mudah memuji ke konsumen, dan tempat diusahakan bersih. Setiap 3 hari diganti produk yang dipajang agar menimbulkan kesan laku dan memiliki variasi yang banyak. Prinsipnya promosi harus sesedikit mungkin mengeluarkan biaya, dan semua pelanggan dianggap sama. Misalnya semua harga adalah tetap, tidak boleh ditawar. Penawaran terjadi bila membeli dalam jumlah banyak. Misalnya meminta diskon 10%, bila membeli secara grosir bukan retail.

Karena usaha masih dalam skala kecil maka penjualan kredit harus dihindari, diusahakan kalau bisa cash. Memberikan kredit pada satu orang sama dengan memberikan kredit pada semua orang. Bila tidak bisa cash, berarti harus kredit dengan harga sama untuk semua orang. Selisih harga kredit dan cash tidak boleh terlalu besar, kalau terlalu besar akan diketahui oleh pelanggan, bahwa kita mengambil untung sangat besar dari penjualan kredit itu. Harga kredit besar karena mengantisipasi kalau macet karena kemungkinan macet sangat besar. Oleh karena itu administrasi harus rapi.

Usaha ini tentu memiliki prospek yang cerah, karena semua orang perlu berpakaian. Hanya persaingannya juga sangat besar. Kuncinya adalah inovasi untuk memperoleh keunggulan. Oleh karena itu, kalau membeli produk harus pada supplier yang kooperatif dan konsultatif. Disebut konsultatif, karena diharapkan pemasok/supplier dapat memberi saran produk apa yang sedang tren atau yang disukai pembeli. Kooperatif adalah bila pemasok mengijinkan kita untuk dapat menukar barang yang kurang laku dengan barang lain yang lebih cocok. Karena itu disarankan untuk memilih model, pola dan gambar pakaian yang tepat karena sangat menentukan dalam penjualan. Contohnya pola gambar dalam pakaian anak sering mengikuti film yang populer saat ini terutama film kartun. Bila tepat memilih akan cepat laku tetapi ini sangat musiman. Jadi, pandai-pandailah melihat tren sehingga produk yang Anda jual akan laris.

http://sasonov.wordpress.com

http://bikin.web.id/info-terbaru/kiat-promosi-bisnis-pakaian

Terima kasih
Dyah Renita
SMS : 0857 357 24 886 dan 081 333 444 012

Senin, 15 Maret 2010

Contoh Baju Produk Kami










GROSIR BAJU ANAK LANGSUNG DARI PABRIK



MILIKI USAHA GROSIR BAJU ANAK DI RUMAH ANDA

Bisnis dibidang penjualan baju anak sangatlah menjanjikan apalagi dengan kualitas dan harga yang murah. Anak-anak cukup cepat pertumbuhannya sehingga cepat ganti baju baru :)

Bisnis baju anak branded cukup populer saat ini, namun untuk menjalankan usaha tersebut dibutuhkan modal yang lumayan besar, karena harga jual yang tinggi, mulai dari Rp 35.000. Sehingga untuk membuka suatu outlet atau butik baju anak, dibutuhkan modal yang tidak sedikit, puluhan bahkan hingga ratusan Juta rupiah.

Segmen baju branded juga hanya dapat dijangkau oleh kalangan tertentu, sehingga perputarannya kurang begitu cepat.

Kami menyediakan baju anak dengan kualitas bagus, bahan tebal dan berkualitas namun dengan harga langsung pabrik. Sangat murah, hanya Rp 6000/pcs.

Gambar diatas merupakan sebagian dari ribuan produk yang kami miliki dan tidak mungkin difoto satu per satu. Bahan bervariasi, Mulai dari katun, Lacoste katun dll. Semuanya BARU! langsung dari Pabrik. Model bisa saja berubah sesuai supply dari pabrikan.

Konsep bisnis ini adalah OBRAL/GROSIRAN dimana tidak perlu ruang khusus seperti butik atau toko/kios. Cukup sediakan BOX khusus untuk menampung baju-baju anak dan tumpahkan semua baju dalam box tersebut. Hal ini memberikan kesan grosir/Murah sehingga pengunjung akan ramai berbondong2 membeli produk anda.

Usaha ini sangat cocok dijalankan di rumah, baik itu di garasi atau halaman rumah. Bisnis ini juga sangat cocok untuk lokasi di Alfamart, Indomaret maupun Yomart karena kita bisa manfaatkan traffic pengunjung disana, selain itu sewa tempat tidak terlalu mahal, berkisar Rp 300 ribu - 450 ribu per bulan.

Beberapa kegiatan toko yang dapat anda pelajari:

1. Tumpukan baju memberikan kesan Grosir & Murah
2. Jam rame: jam 12-2 siang dan 4 sore - 7 malam
3. Baju Paket Usaha siap Kirim
4. Baju Baru dari Pabrik. Bukan Bekas/Barang Import

Konsep ini bisa dijalankan dengan cara sederhana, tanpa perlu pembukuan yang rumit. Jika anda memiliki pegawai, cukup laporkan 3 hari atau 1 minggu sekali dengan menghitung sisa stok baju. Simple bukan? :) Anda tidak perlu catat kode barang dll. Semua harga bisa pukul rata sehingga perputarannya cepat.


ANALISA BISNIS

a. Investasi awal: Rp 3.000.000,-
b. sewa tempat: Rp 350.000/bln
c. karyawan: Rp 400.000/bln

Harga Jual: Rp 8.500 atau Rp 25.000/3 pcs
Rata2 Penjualan per hari: 100 pcs
Margin: Rp 2.500
PROFIT per hari: Rp 250.000
PROFIT per Bulan: Rp 250.000 x 30 = Rp 7.500.000,-

Keuntungan: >50%

Tidak sampai 1 Bulan anda sudah balik modal! DIJAMIN!!

TIPS: Anda bisa memilih baju yang berdisain bagus/unik dan ditempatkan di hanger, kemudian di bandroll harga khusus, misal Rp 15.000,-

Jangan menjual terlalu mahal, agar perputaran uang anda cepat!
Untung Rp 2000 - 5000 sudah sangat lumayan dibanding jualan makanan (bisa basi atau expire) atau jualan pulsa (saingan banyak, harga banting2an, untung tipis malah sering tekor).

Pemilihan Lokasi: SANGAT DISARANKAN membuka usaha di tempat dengan lalu lintas ramai. Sewa tempat di Alfamart atau Indomaret atau Yomart dan toko sejenis dengan biaya sewa murah (biasanya Rp 300 ribuan/bulan).

Kami menyediakan PAKET USAHA bagi anda yang tertarik bisnis menguntungkan ini dengan resiko kecil.

A. PAKET USAHA LANGSUNG JALAN: Rp 3.000.000

Berisi 500 pcs baju anak (campur atasan & bawahan untuk laki dan wanita) untuk usia 6 bulan hingga 4 tahun!
Berat Total: 30-34 Kg
+ BONUS: SPANDUK/BANNER EKSKLUSIF
+ GRATIS ONGKOS KIRIM (pulau jawa)
+ SUBSIDI ONGKIR Rp 100.000 Untuk Luar Jawa!
Bonus dan fasilitas diatas hanya berlaku selama bulan February-Maret 2010!

Contoh banner yang dapat anda pasang di depan garasi rumah, atau di Alfamart/Indomaret/Yomart. Eye catching bukan? :)

CARA PEMESANAN

Proses pemesanan sangat mudah, Praktis, aman dan cepat!
SMS Nama Paket-Nama Anda-Alamat lengkap-Bank Anda, kirim ke 0857.357. 24 .886 atau 081.333. 444.012

Contoh: Paket Usaha-Budi Pratiwii-Jl A Yani No 14 Sampit Kalteng 74326-BCA
Contoh Reply kami: Total 3.250.000 BCA 8160621223 Banuri Kasidi. Mohon konfirmasi setelah Transfer.

Pembayaran via Transfer Bank Mandiri atau BCA.
PENTING! Segera Konfirmasikan pembayaran anda saat itu juga!
Format Konfirmasi: Jumlah Transfer - Bank Asal - Atas Nama
Contoh: 3.250.000 - Mandiri - Anita Rahayu

Order Paket Usaha akan dikirim paling lambat 5 hari setelah pembayaran (pemilihan dan sortir produk, packing dan pengiriman memerlukan waktu).

Setelah barang kami kirim, anda akan kami infokan No Resi pengiriman agar anda dapat men-trace progress pengiriman. Jika paket terlambat diterima, segera hubungi cabang ekspedisi terdekat atau hubungi kami.


B. PAKET SAMPLE Rp 300.000,-

- Isi 50 pcs CAMPUR Baju anak & Bayi Cewe & Cowo Usia 6 bulan - 4 tahun
- BELUM termasuk Ongkir (Berat 4kg)

Untuk pemesanan paket sample via SMS:
Ketik: sample-nama-alamat-bank anda
Contoh: sample-ida murti -jl Pahlawan No 54 Tulungagung 66742-Mandiri
Reply kami: Total 330rb. Mandiri 0310001101859 Banuri, SE. Mohon konfirmasi setelah transfer. trim

Segera konfirmasikan pembayaran anda hari itu juga, agar order anda segera kami proses.

Sehubungan dengan banyaknya pemesanan dan order yang masuk, jika dalam 2 hari tidak ada konfirmasi pembayaran, SMS akan kami hapus dan anda harus order dari awal.

Kami menerima pengiriman seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua dengan biaya kirim yang kompetitif (FOB Malang).


JANGAN LEWATKAN KESEMPATAN INI!

Sehubungan dengan banyaknya pemesanan dan SMS yang masuk, Kami tidak akan menjawab/Reply hal yang sudah di informasikan di website. Untuk info atau request khusus lebih lanjut silahkan hubungi via Telephone!

Contoh Order Request khusus: Sample Baju saja - ahmad taufik - jl letjen Sutoyo no 21 Bekasi 52234 - BCA


PENGIRIMAN

Kami menggunakan jasa kurir JNE, TIKI, ESL, ELTEHA, PANDU SIWI
Silahkan gunakan jasa kurir yang anda sukai, baik dari service maupun harga.

Terima kasih
Dyah Renita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar