Laman

Rabu, 17 Maret 2010

Seorang Pemuda Berhasil Mendapatkan Jutaan Dolar Sebelum Usia 20 Tahun

Cameron Johnson,25,memulai bisnis pertamanya pada usia sembilan tahun dengan modal USD50 dan sebuah komputer di rumahnya.Dia bersemangat untuk terus mengembangkan sayap bisnisnya.

SEBELUM mencapai usia 21 tahun, dia telah membuka 12 bisnis yang meraih sukses dan pernah ditawari USD10 juta modal berisiko untuk mengembangkan perusahaan situs internetnya, Certificate- Swap.com. Situs ini pernah memperoleh penghargaan dari majalah Entrepreneur sebagai salah satu bisnis web yang membantu industri teknologi kembali ke alurnya, bahkan lebih berjaya.

Dalam menjalankan bisnis, Johnson memilih berkolega dengan kawan-kawannya, saudara kandungnya, dan para mentor yang membimbingnya. Pada usia sembilan tahun atau 1994, dia meluncurkan bisnis pertamanya di rumahnya,Virginia,Amerika Serikat. Ketika itu, dia membuat surat undangan pesta liburan orang tuanya. Kemudian, bisnis surat undangan itu dikembangkan hingga usia 11 tahun.

Dia menamakan bisnisnya, Cheers and Tears. Usaha Johnson tak berhenti sampai di situ.Pada usia 12 tahun, dia menjajal bisnis boneka dan penjualannya melalui situs lelang eBay dan website-nya Cheers and Tears. Dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, Johnson meraih dana segar senilai USD50.000 dan diinvestasi untuk mendirikan My EZ Mail, sebuah perusahaan pelayanan e-mail.

Kemudian, dia pun merekrut seorang tenaga teknis dan dalam kurun waktu dua tahun, My EZ Mail meraih penghasilan USD3.000 per bulan dari iklan. Pada 1997 Johnson bergabung dengan dua pengusaha muda lainnya, Aaron Greenspan dan Tom Kho,untuk menciptakan perusahaan iklan online, Surfingprizes.com. Dia menerapkan strategi piramida klasik dalam bisnisnya serta bekerja sama dengan DoubleClick, L90, dan Advertising.com.

“Ketika usia 15 tahun,saya telah biasa meraih cek senilai USD300.000 hingga USD400.000 per bulan,” papar Johnson. Pada usia19tahun,diamenjualperusahaannya kepada pembeli yang dirahasiakan.“ Sebelum lulus SMA,saya memiliki kekayaan lebih dari USD1 juta,”bangganya. Sejak tahun lalu, dia lebih banyak mempromosikan bukunya yang berjudul “You Call The Shots: Succeed Your Way – and Live The Life You Want – with The 19 Essential Secrets of Entrepreneurship”.

Johnson mengungkapkan rahasia di balik kesuksesan pengusaha. Dia menceritakan tentang bagaimana memulai ide bisnis sendiri yang hebat dengan penuh semangat betapapun masih muda dan sekecil apa pun modal yang akan ditanamkan. Apa saja tips bisnis yang menjadi kunci utama Johnson? “Lakukan upaya khusus,mulai dengan modal kecil, buatlah agar uang bekerja untuk Anda.

Mencari ide hebat dari lingkungan terdekat, seimbangkan pekerjaan dengan kehidupan, bergaullah dengan orang hebat. Jadikan diri Anda sebagai merek, jangan takut bernegosiasi dan ambil keputusan sendiri dengan tegas,” katanya seperti dikutip dari situs pribadinya, CameronJohnson. com. Selain itu, Johnson juga mendorong anak muda untuk beradaptasi, cari pembimbing yang hebat, mencari ilmu baru setiap hari, gunakan kekuatan pers.

Lainnya, jangan memandang rendah terhadap pentingnya pelanggan, membangun di atas pengalaman dengan kreatif dan jadilah pengusaha seperti yang diinginkan. “Jangan takut dengan penolakan. Jangan khawatir untuk bertanya tentang segala sesuatu,” ujarnya kepada Forbes. Pria kelahiran 13 November 1984 itu bahkan tidak pernah mengambil pinjaman atau menumpuk utang. Dia berhasil mencetak satu juta dolar pertamanya sebelum lulus SMA.

Dia pun dengan mudahnya mengambil pensiun dini. Namun, pensiun masih jauh dari otaknya.Ketika usianya 15 tahun, dia menjadi anggota dewan penasihat dari sebuah perusahaan berlokasi di Tokyo. Pada usia 15 tahun,Johnson masuk dalam jajaran “CEO Berusia 15 Tahun”yang diterbitkan di Jepang. Pada usia itu perusahaannya berhasil meraih keuntungan USD15.000 per hari.

Dia mampu mengelola bisnisnya mencapai sukses walaupun di saat-saat terburuk dalam kelesuan bisnis internet. “Bagi saya, kesuksesan adalah ketika Anda memiliki semangat dalam melakukan pekerjaan yang Anda lakukan.Bisnis yang saya kelola merupakan hobi saya sehingga saya senang menjalaninya,”paparnya kepada Young Entrepreneur. Bagi Johnson, menjalankan bisnis tak semudah membalikkan telapak tangan.Kegagalan merupakan pelajaran terbaik.

“Ketika Anda menghasilkan satu dolar atau kehilangan satu dolar, itu langkah maju dalam bisnis.Untuk itulah, berhitunglah ketika bisnis bergerak maju dalam bisnis,” imbuhnya. Lantas, siapa orang yang memberikan inspirasi dalam kehidupan Johnson? Dia menjawab, Michael Dell, Bill Gates, Richard Branson, Oprah Winfrey, dan Donald Trump merupakan pengusaha yang menjadi inspirasinya.

“Saya membaca cerita dan buku mereka seperti anak-anak belajar tentang segala sesuatu,”paparnya. Belum cukup itu saja, dia pun senang membaca biografi orangorang sukses. Sementara itu, satu kata yang paling tepat untuk menggambarkan kehidupan sebagai seorang pengusaha bagi Johnson adalah “merdeka”. Dia juga selalu menerapkan keseimbangan kehidupan yaitu membatasi kehidupan personal dan bisnis.

Kesimpulan dari saya semoga saja cara yang dilakukan oleh pemuda ini dapat kita tiru supaya tidak ada lagi rakyat miskin di Indonesia.

Referensi :

1 komentar:

  1. Apakah Anda perlu pinjaman tanpa jaminan untuk mendirikan sebuah bisnis atau pinjaman untuk renovasi dan banyak lagi, pencarian tidak lebih, kami adalah perusahaan yang sah dan pada tingkat bunga rendah dari 2% dan bersedia untuk meminjamkan jumlah yang Anda ingin meminjam dan membuat tahun ini yang berhasil untuk Anda. Mohon mengisi data pinjaman ini di bawah ini dan menghubungi kami melalui email perusahaan kami: gloryloanfirm@gmail.com.
    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus